cara cek kesuburan wanita

Cara Menghitung Masa Subur Melalui Pencatatan Waktu Haid

Memiliki momongan adalah impian setiap pasangan yang telah menikah. Rasanya keluarga kecil yang dibangun tidak lengkap tanpa kehadiran sang buah hati. Namun sayangnya tidak semua pasangan dapat langsung memiliki buah hati. Ada yang harus menunggu hingga puluhan tahun untuk bisa memiliki buah hati. Ada cara cek kesuburan wanita.

Berbagai alasan bisa menjadi penyebab tertundanya pasangan suami-istri untuk memiliki buah hati. Bisa karena keadaan rahim ibu yang lemah, kondisi sperma ayah yang kurang sehat, dan masih banyak alasan lain yang menyebabkan semua kemungkinan itu terjadi. Selah satunya mengenai masa subur baik dari ayah maupun ibu.

Lantas bagaimana cara mengetahui masa subur pada wanita yang tepat untuk mempercepat proses kehamilan? Ini dia cara sederhana yang bisa menjadi penanda dalam mengetahui masa subur calon ibu.

  • Dengan memperhatikan siklus haid. Setiap perempuan memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Biasanya berkisar antara 21 hingga 35 hari. Namun ada pula yang kerap mengalami keterlambatan dalam masa haidnya. Dengan mengetahui siklus ini, Anda bisa mengetahui kapan masa yang paling tepat untuk berhubungan dengan suami untuk mempermudah kehamilan. Hal ini juga bisa dilihat dari masa ovulasi yang terjadi pada wanita. Masa ovulasi biasanya terjadi sekitar 12 hari hingga 14 hari sebelum masa haid berikutnya. Artinya masa ovulasi tiba beberapa saat setelah haid berakhir. Maka dari itu, masa subur berada di antara masa ovulasi (setidaknya 5 hari sebelum masa ovulasi). Masa subur bisa kita hitung sendiri melalui siklus haid yang terjadi. Biasanya, masa haid setiap orang berada pada waktu yang berbeda. Namun kebanyakan masa subur wanita dengan siklus haid normal berada pada 12 hari hingga 16 hari sebelum masa datang bulan berikutnya. 
  • Menghitung masa subur menggunakan alat penghitung kesuburan. Alat ini tentu dapat Anda temukan di apotik dengan menggunakan saran dari dokter yang kerap memeriksa kondisi rahim. Alat ini nantinya akan mengukur kandungan hormon LH pada urine. Jika kandungan hormon LH meningkat, itu artinya Anda telah memasuki masa subur.

Itu dia beberapa informasi mengenai cara mengetahui masa subur pada wanita dan cek kesuburan wanita. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *