Ilustrasi kehamilan

Ovutest, Alat Pendeteksi Kapan Masa Subur Berlangsung

Masa ovulasi wanita hanya berlangsung sekitar 2-3 hari, jadi akan lebih efektif bagi wanita untuk mengetahui kapan masa tersebut terjadi, supaya pembuahan dapat efektif dilakukan.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh wanita untuk mengetahui kapan tepatnya masa subur terjadi, salah satunya dengan menggunakan alat ovutest. Harga alat ovutest juga bergantung jenisnya

Apa itu ovutest?

Ovutest (ovulation test pack) adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar Luitenezing Hormon untuk mengetahui kapan terjadinya masa subur pada wanita. Alat ini bekerja hampir sama seperti alat test pack kehamilan pada umumnya.

Ovutest akan bekerja dengan cara mengukur kadar LH pada urine. Naiknya LH pada wanita menandakan terjadinya produksi kelenjar pitutuitari yang dapat merangsang terjadinya kehamilan. Ini tandanya masa ovulasi akan segera datang, dan Anda yang akan melakukan hubungan intim pada waktu tersebut akan dapat mempercepat terjadinya proses kehamilan.

Ovutest termasuk alat pengecek kesuburan yang akurat dan efektif. Keakuratannya dapat mencapai 99%.

Bagaimana cara menggunakan ovutest?

Ovutest digunakan dengan cara meneteskan sampel urine pada bagian tertentu alat tersebut. Setelah didiamkan beberapa saat, maka ovutest akan memunculkan tanda atau akan terdapat perubahan warna. Anda hanya perlu mengartikan tanda ataupun perubahan yang terjadi  sesuai dengan keterangan yang terdapat pada alat tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda sebaiknya melakukan pengetesan setiap hari ketka Anda telah selesai menstruasi pada waktu yang sama atau konsisten.

Jika alat menunjukkan strip garis 2, itu tandanya alat berfungsi dengan baik, namun jika muncul tanda strip satu, maka hasilnya tidak valid.

Ovutest bekerja sekitar satu hari sebelum wanita mengalami masa subur.

Anda dikatakan sedang dalam masa subur jika terdapat dua strip garis dengan garis kiri lebih tebal dibandingkan garis pada bagian kanan. Jika itu terjadi, maka Anda dianjurkan untuk melakukan hubungan intim dalam kurun waktu 24-48 jam setelah dilakukan pengetesan.

Berapa harga alat ovutest?

Harga alat ovutest berbeda-beda, tergantung dari toko yang menyediakan alat tersebut. Namun, kisarannya adalah sekitar Rp 22.000 hingga Rp 42.000 untuk tiap sachet. Anda bisa mendapatkannya di toko yang menjual alat-alat kesehatan wanita ataupun apotek terdekat di daerah Anda.

Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat sindrom ovarium polikistik (PCOS) ataupun riwayat Luteinized Unrupured Follicle Syndrome (LUFS) akan mengalami kesulitan dalam menggunakan ovutest. Hal ini dikarenakan pada orang yang mengalami sindrom tersebut akan berpengaruh terhadap hormon LH yang ada pada tubuh.

Demikian informasi mengenai ovulation test pack di atas. Untuk informasi dan rekomendasi terbaik dalam mengetahui kapan terjadinya masa subur dan tes kesuburan suami istri, Anda bisa konsultasi kepada tenaga medis ataupun dokter kandungan terkait.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *