pelumas bearing terbaik

Inilah Cara Memilih Pelumas Terbaik untuk Perawatan Bearing

Dalam menjaga ketahanan bearing pada kendaraan anda diperlukan pelumas bearing terbaik agar lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Maka dari itu, perlu adanya perawatan bearing yang tepat agar tidak menimbulkan beberapa masalah yang dapat merugikan anda.

Akibat Perawatan Bearing yang Buruk

Berikut terdapat beberapa permasalahan yang ditimbulkan apabila tidak merawat bearing dengan baik dan tidak menggunakan pelumas bearing terbaik yaitu :

  • Terasa getaran yang berlebih yang terasa hingga bagian body kendaraan. Hal inilah yang dapat mengakibatkan bearing mudah rusak.
  • Mengakibatkan rusak pada rem cakram yang berdampak tidak stabilnya putaran roda pada kendaraan anda
  • Laju kendaraan juga menjadi tidak seimbang, sehingga memiliki resiko terjadinya kecelakaan.

Cara Merawat Bearing

Selain menggunakan pelumas bearing terbaik dalam melakukan perawatan, anda juga harus memperhatikan beberapa hal lain. Agar dapat meminimalisir terjadinya permasalahan yang tidak terduga. 

Nah berikut cara merawat bearing dengan baik dan benar yaitu :

  • Dalam memasang bearing yang baru, pelumas grease yang menempel pada bearing ini usahakan jangan di usap maupun dilap.
  • Jangan menggunakan pelumas grease yang berlebihan pula, karena dapat memunculkan tumpukan. Hal inilah yang menimbulkan terjadinya kontaminasi maupun masuknya kotoran ke dalam bearing.
  • Lebih baik membuka bagian bearing satu persatu saat ingin memasukan grease pada bearing. Hindari untuk membuka kedua penutup bearing secara bersamaan.
  • Langkah selanjutnya bisa memasangkan kembali penutup bearing terbuka ke bagian dalam dan bagian asing dihadapkan ke bagian luar. Hal ini untuk meminimalisir air hujan masuk kedalam bearing. 
  • Dalam mengatasinya, anda juga perlu menghindari jalanan yang bergelombang ketika berkendara. Hal tersebutlah yang menyebabkan bearing tidak tahan lama walaupun sudah menggunakan pelumas bearing terbaik.
  • Dalam merawat bearing ini memiliki perlakuan yang sama pada kedua bagian apabila terjadi kerusakan. Misalnya hanya satu bagian saja yang rusak maka anda harus mengganti kedua bearing sekaligus. Mengganti satu bagian, justru dapat merusak bagian lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *