keuntungan menabung deposito dan cara menghitung bunga bank

Cara menghitung bunga bank deposito

Deposito yaitu suatu produk yang disediakan oleh Lembaga keuangan dengan layanan simpan dana yang tidak dapat ditarik dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh bank. Nasabah yang melakukan penyimpanan deposito kemudian akan diberikan imbalan suku bunga yang lebih dari suku bunga tabungan regular.

Cara menghitung bunga bank jenis deposito berbeda dengan bunga tabungan yang biasa karena, terdapat beberapa perbedaan antara dua jenis tabungan tersebut salah satunya yaitu sistem penarikan dana. Umumnya deposito memerlukan dana sebesar Rp 8 juta keatas tergantung kebijakan dari tiap bank, jangka waktu simpan yang disediakan mulai dari satu bulan hingga 24 bulan. Semakin lama jangka waktu penyimpanan maka bunga yang didapat akan semakin besar oleh karena itu deposito bisa disebut sebagai alternatif investasi. 

Jenis Deposito

  • Deposito berjangka

Yaitu jenis deposito yang memiliki jangka waktu tertentu yang hanya bisa ditarik sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati antara nasabah dan pihak bank.

  • Deposito Sertifikat

Hampir sama dengan jenis sebelumnya namun, jenis deposito ini diterbitkan dengan bentuk sertifikat dan dapat dipindah tangankan karena tidak mengacu atas kepemilikan perorangan ataupun perusahaan tertentu.

  • On Call Deposito

Dengan jangka waktu yang lebih singkat minimal 7 hari deposito jenis ini memiliki ketentuan jumlah dana yang disetor harus dengan jumlah yang besar dengan minimal setoran sebesar rp 50 juta.

Cara Menghitung Bunga Bank Perbulan Dari hasil Deposito 

Sebelum anda membuka rekening deposito anda harus mengetahui bagaimana penghitungan bunga deposito yang kita terima nantinya. Dana deposito di bawah angka Rp 7,5 juta akan terkena biaya pajak penghasilan sebesar 20% maka cara menghitungnya yaitu:

Jika dibawah Rp 7,5 juta ( Jumlah deposit x suku bunga pertahun x jumlah tenor :12)

Untuk besaran dana deposit lebih atau sama dengan Rp 7,5 juta ( Jumlah deposit x suku bunga pertahun x 80 x jumlah tenor :12).

Keuntungan Menabung Deposito

Jika dibandingkan dengan jenis tabungan biasa tabungan deposito memiliki beberapa keuntungan seperti suku bunga deposito yang relatif lebih tinggi dibanding jenis tabungan biasa serta dijamin oleh Lembaga simpan pinjam yang menjadikan tabungan deposito sebagai pilihan yang relatif aman serta minim dari resiko namun tentu anda harus jeli dalam memilih bank tempat anda melakukan investasi melalui tabungan deposito.

Pastikan bank yang anda pilih memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh bank Indonesia dan memiliki manajemen keuangan yang sehat sehingga dana yang di simpan di bank tersebut terjaga keamananya dan jauh dari resiko, pastikan juga jumlah suku bunga paling tinggi yang menjadi standar rata-rata yaitu sebesar 7,5% anda patut waspada jika ada bank yang memberikan suku bunga diatas jumlah tersebut.

Sekian tips cara menghitung bunga bank tabungan deposito semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan bagi anda yang ingin mulai membuka rekening tabungan deposito.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *