investasi jangka panjang

Hindari, Berikut Risiko yang Dapat Terjadi dalam Investasi Jangka Panjang Anda

Investasi jangka panjang dinilai memiliki keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi jangka pendek sehingga sebagian orang lebih tertarik melakukan investasi tersebut, namun dibalik keuntungan yang menggiurkan terdapat beberapa risiko yang dapat menyebabkan kerugian dalam investasi jangka panjang, lantas risiko apa sajakah itu ? simak ulasan berikut.

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah suatu jenis investasi yang mana daya yang digunakan akan dijalankan secara terus menerus dan hanya dapat dicairkan pada jangka waktu tertentu, investasi ini juga kerap kali diumpamakan dengan menanam modal atau kekayaan dari sebuah organisasi atau perusahaan untuk mendapatkan penghasilan tetap.

Risiko dalam Investasi Jangka Panjang

  • Suku Bunga 

Risiko yang pertama adalah risiko suku bunga, dalam suatu investasi jangka panjang tingkat kenaikan dan penurunan suku bunga sangat mempengaruhi harga obligasi, jika nilai suku bunga meningkat artinya harga obligasi menurun, risiko suku bunga pada investasi ini umumnya dapat diukur berdasarkan jangka waktu suatu obligasi.

  • Pasar

Risiko kedua yang harus Anda hindari untuk mendapatkan investasi jangka panjang yang menguntungkan adalah risiko pasar, risiko ini terjadi akibat adanya sentimen keuangan atau yang disebut juga dengan risiko sistematis. Terjadinya risiko pasar biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti adanya resesi ekonomi, isu-isu politik, perubahan iklim politik dan adanya kerusuhan.

  • Inflasi

Risiko inflasi atau yang dikenal juga dengan risiko daya beli merupakan suatu kejadian yang diakibatkan oleh naiknya harga konsumsi sehingga menimbulkan menurunnya daya beli masyarakat, adapun penyebab utama dari terjadinya inflasi karena peredaran uang yang terlalu banyak sehingga menurunkan nilai suatu mata uang.

  • Likuiditas

Selanjutnya adalah risiko likuiditas, risiko ini dapat terjadi karena adanya kejadian yang menyebabkan kesulitan untuk menyediakan uang tunai dalam jangka waktu tertentu.

  • Valas

Resiko terakhir yang harus Anda waspadai agar mendapatkan keuntungan investasi jangka panjang adalah risiko valas, risiko ini terjadi karena adanya dinamika perubahan kurs di pasaran yang mengarah pada penurunan nilai pertukaran rupiah dengan mata uang asing.

Nah, itulah beberapa risiko yang wajib Anda waspadai dalam investasi jangka panjang, semoga ulasan di atas bermanfaat ya untuk Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *