pertimbangan sebelum mengambil bridging loan

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Bridging Loan

Bridging loan (Bridge) merupakan jenis pinjaman jangka pendek yang dapat digunakan oleh seseorang atau perusahaan yang memerlukan pembiayaan permanen atau sekedar menghilangkan kewajiban yang ada. Jenis pinjaman ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai alternatif pembiayaan yang mudah serta menguntungkan. Namun, anda perlu mengetahui beberapa hal sebelum melakukan pinjaman bridge loan.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Bridge Loan

Kelebihan bridge loan yaitu memiliki proses yang relatif cepat, sehingga sangat cocok untuk peminjam yang membutuhkan pembiayaan mendesak. Selain itu, pelunasan pinjaman dapat dilakukan satu kali secara langsung di akhir periode pinjaman, sehingga bridge loan dapat digunakan untuk meningkatkan dana dengan arus kas yang ketat, tetapi peminjam mempunyai aset untuk membayar pinjaman di akhir periode pinjaman tersebut.

Jika dibandingkan dengan jenis hipotek tradisional, bridge loan mempunyai tingkat bunga yang lebih mahal yaitu sekitar 1-2% dari total pinjaman. Tingginya  tingkat bunga tersebut dengan tujuan untuk mengimbangi risiko tambahan yang dikeluarkan. Kekurangan lain pada jenis pinjaman ini yaitu karena pinjaman bersifat jangka pendek, maka peminjam dapat mengalami masalah besar ketika mereka memiliki masalah berkaitan dengan metode pembayaran yang dipilih.

Mempertimbangkan Biaya Total yang Dikeluarkan

Selain tingkat bunga yang harus diperhatikan, hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh peminjam yaitu tentang total biaya pinjaman. Seseorang cenderung mengejar tingkat suku bunga yang rendah, namun kreditur akan memberikan beban biaya keluaran yang lebih besar seperti biaya pengelolaan, biaya administrasi, dan biaya lain-lainnya.

Oleh karena itu, anda harus selalu meminta rincian total biaya sebelum melanjutkan proses pinjaman bridging loan.

Mengetahui Kesanggupan Pembayaran

Akan menjadi masalah besar jika anda tidak dapat membayar kembali pinjaman hingga periode pinjaman berakhir. Pastikan anda sudah membuat rancangan serta perkiraan bagaimana pinjaman tersebut dapat dilunasi dan darimana dana atau aset yang digunakan untuk melunasi pinjaman itu.

Jika anda mempunyai rencana untuk menjual aset, maka pastikan jangka waktu pinjaman dapat memberi jangka waktu yang cukup untuk menyelesaikan penjualan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *