Ilustrasi pengembangan jalan tol

Pemerintahan Presiden Jokowi Targetkan 5.391 Km Jalan Tol Baru, Pengukuran Lahan dan Pembangunan Tetap Berjalan Di Masa Pandemi

Kebutuhan Jalan Tol untuk mempermudah akses darat yang cepat dan tanpa hambatan memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai ekonomi dan tata ruang kota yang lebih maju. Untuk menunjang hal tersebut pemerintah Indonesia sudah menyiapkan target 5.391 km jalan Tol yang rencananya akan dirampungkan pada akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi tahun 2024 nanti. Saat ini pengukuran lahan untuk estimasi pengembangan jalan tol dan pembangunan sudah berjalan walaupun sempat tersendat pandemi.

Dilansir liputan6.com Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa saat ini ruas jalan tol di Indonesia sepanjang 2.386 km yang sudah beroperasi, kemudian ditargetkan akan bertambah menjadi 5.391 km yang menurut rencana akan selesai pada tahun 2024.

Menteri PUPR juga menambahkan bahwa pada tahun 2021 ini akan dibangun 19 ruas tol baru sepanjang 406 km, dan sudah beroperasi sebanyak 7 ruas dengan panjang 52 km. Pembangunan aktif untuk jalan tol dilakukan untuk mengembangkan kawasan industri, kawasan wisata, bandara dan pelabuhan untuk meningkatkan kelancaran logistik di wilayah-wilayah yang memiliki potensi ekonomi tinggi.

Pengukuran lahan untuk pembangunan ruas jalan tol tetap dilakukan selama pandemi agar dapat mencapai target pembangunan. Bahkan Menteri PUPR Basuki Hadimulyono menjelaskan kalau masa pandemi seperti saat ini dimana aktivitas masyarakat berkurang dan beberapa ruas tol ditutup bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas jalan tol, mengutip dari laman web kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat.

Menteri PUPR juga menegaskan bahwa proyek pembangunan ruas jalan tol tidak akan berhenti kecuali dihentikan oleh operator, manajemen kantor pekerja sendiri sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pekerja proyek pembangunan ruas jalan tol, seperti wajib mengenakan masker dan menyediakan tempat cuci tangan.

Pekerjaan membangun jalan tol seperti ini memang sangat penting dan tidak bisa dihentikan begitu saja karena diharapkan bisa menghindari keterpurukan ekonomi negara. Perusahaan konstruksi bekerja keras agar dapat memenuhi target pencapaian yang ditentukan pemerintah.  Walaupun terjadi pandemi dan PPKM para pekerja pengukuran lahan dan pembangunan jalan tol tetap melaksanakan kewajibannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *