ilustrasi ecommerce

Jangan Remehkan Trend Conversational Commerce

Conversational commerce menjadi salah satu fitur penting penting dalam strategi marketing saat ini. Berdasarkan penelitian dari Facebook, fitur chat menjadi salah satu proses penting dalam pembelian oleh konsumen, khususnya dalam platform e-commerce. Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui mengenai trend conversational commerce di era bisnis digital. 

Pembeli Cenderung Membeli Produk Setelah Chatting Dengan Penjual 

Alasan mengapa fitur chat penting dalam dunia bisnis online adalah meningkatkan transaksi penjualan. Penelitian dari Boston Consulting group menunjukkan bahwa sebesar 91% masyarakat Indonesia yang di survey menyatakan bahwa mereka berminat untuk meneruskan berbelanja online melalui conversational commerce di masa mendatang. Conversational commerce merupakan interaksi langsung antara konsumen dengan brand. Sebanyak 43% dari pelanggan mengaku bahwa chatting menjadi hal yang pertama mereka lakukan sebelum kemudian memutuskan membayar atau melakukan transaksi pembelian. Hal ini dikarenakan mereka perlu untuk menanyakan ketersediaan stok, jaminan barang, harga hingga kualitas dari barang yang hendak dibeli. 

Sebanyak 61% responden mengatakan bahwa mereka melakukan chat dengan penjual untuk mendapatkan informasi tambahan dari produk yang hendak dibeli. Mereka juga mengatakan bahwa chat juga penting untuk menawar harga. Sekitar 26% mengatakan bahwa mereka chatting untuk mendapatkan saran dari penjual. 52% lainnya mengatakan bahwa mereka merasa nyaman meskipun melakukan chat dengan bot untuk bertanya dan melakukan transaksi. 

Manfaat Conversational Commerce

Conversational commerce tak hanya bermanfaat bagi penjual, pembeli juga dapat merasakan manfaat langsung dari conversational commerce. Pembeli dapat merasakan manfaat dari  antara lain kenyamanan, pelayanan respon selama 24 jam, pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan, kecepatan serta keamanan dalam proses pembayaran. 

Manfaat conversational commerce bagi penjual antara lain peningkatan –pelayanan kepada pelanggan, membangun pelanggan yang loyal, peningkatan review secara online dari pelanggan, adanya feedback dari pelanggan secara cepat, analisis data dan perilaku dari pelanggan, serta otomatisasi proses interaksi dan penjualan dengan chat bot. Anda bisa menggunakan chatbot yang sudah dilengkapi dengan artificial intelligence yang dapat merespon pelanggan secara personal.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *