Ilustrasi logo whatsapp

Mengenal Perbedaan WhatsApp Business Dengan API Whatsapp Business

Sebagai pengguna WhatsApp, tentunya Anda sudah mengetahui jika WhatsApp telah hadir dengan versi yang dikhususkan untuk para pebisnis. Ya, aplikasi tersebut adalah WhatsApp Business hingga API WhatsApp Business. Namun apa perbedaan kedua aplikasi ini? Untuk lebih jelasnya, berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda.

WhatsApp Business

WhatsApp Business adalah aplikasi yang ditujukan kepada bisnis kecil maupun menengah (Small-Medium Enterprise) secara gratis. Dirilis oleh pihak WhatsApp secara resmi yang tujuan utamanya untuk memudahkan pemilik UMKM atau bisnis dalam berkomunikasi kepada customernya.  Jika Anda telah mengunduh aplikasi ini, maka Anda dapat melakukan registrasi nomor secara langsung yang akan digunakan agar dapat berinteraksi dengan customer. Tetapi Anda tidak dapat menggunakan kembali nomor telepon yang sebelumnya pernah teregistrasi melalui aplikasi WhatsApp biasa, melainkan harus mencantumkan nomor baru. WhatsApp Business ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lho, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Quick Reply
  • Conversation Label 
  • Greeting Message
  • Broadcast Message, dan sebagainya

Nah, berbagai macam fitur di atas sebaiknya Anda gunakan dengan baik dalam membuat interaksi kepada customer. Selain itu, dengan WhatsApp Business Anda dapat membalas chat customer menggunakan Quick Reply maupun beberapa Basic Response. Anda juga bisa memberikan label pada chat yang masuk yang disesuaikan dengan kategori customer.

API WhatsApp Business 

Beberapa dari Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan yang namanya API. API atau yang disebut juga dengan Application Programming Interface adalah serangkaian kode yang akan tersambung ke software perusahaan. Yang mana software ini nantinya akan disambungkan juga dengan WhatsApp. Tentu saja, fitur yang dimiliki oleh API WhatsApp Business sendiri sedikit berbeda dari WhatsApp Business. Nah, beberapa fitur yang dapat anda temukan melalui API WhatsApp Business adalah sebagai berikut.

  • Verified Business Profile
  • Use Automation
  • Multi-Agents Access
  • Send Bulk Notification
  • Chatbot 

Tahukah anda bahwa fitur API WhatsApp Business yang cukup menarik adalah chatbot. Dengan adanya fitur ini, customer dapat secara langsung memperoleh balasan pesan secara otomatis yang sebelumnya telah ditentukan terlebih dahulu. Pada dasarnya chatbot digunakan agar dapat membalas pertanyaan yang memang sering ditanyakan para customer. Secara tidak langsung chatbot dapat memberikan respon dengan baik dan cepat kepada para customer. Dengan begitu interaksi yang terjalin akan semakin maksimal, sehingga customer pun akan merasa puas. 

Selain itu, kinerja dari karyawan juga bisa semakin maksimal. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu lagi meluangkan waktu agar dapat membalas pesan customer yang itu-itu saja. Sehingga dapat dikatakan jika penggunaan API WhatsApp Business ini sangat cocok dalam menunjang kinerja bisnis anda yang semakin membesar.

Demikian beberapa perbedaan yang dapat dilihat antara WhatsApp Business dan API WhatsApp Business.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *