crowdfunding

Beli Saham Murah Melalui Equity Crowdfunding

Mungkin anda pernah iuran untuk membeli kado untuk rekan kerja? Patungan membeli makanan atau iuran dana untuk membangun rumah ibadah?  Tidak hanya hal-hal tersebut, kali ini anda bisa melakukan patungan untuk kegiatan bisnis. Melalui Equity Crowdfunding anda bisa membeli saham kepemilikan secara patungan.

Saham Crowdfunding

Saham adalah bukti bahwa kita memiliki sesuatu dalam bisnis atau perusahaan. Sesuatu itu bermacam-macam. Contohnya, anda bersama teman anda membuat bisnis Coffee Shop. Masing-masing orang menanam modal 1.000.000, jadi anda adalah owner sekaligus pemilik saham Coffee Shop tersebut.

Lalu, apa perbedaan saham Crowdfunding dengan saham  IDX yang meliputi IHSG, BEI dan Pasar Modal? perbedaanya pada perusahaan. Perusahaan yang melakukan jual beli saham pada Pasar Modal, Bursa Efek dan IHSG biasanya adalah perusahaan atau korporasi besar. Contohnya adalah BCA, Sido Muncul, Unilever dll.

Sedangkan perusahaan yang mengikuti Crowdfunding adalah perusahaan level UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang sudah berbadan hukum seperti PT (Perseroan terbatas) ataupun CV (Perseroan Komanditer).

Kedua adalah likuiditas, saham pada IDX bisa dijual setiap hari pada jam kerja, kemungkinan akan cepat terjual dan dalam kurun waktu tiga atau empat hari uang tersebut akan cair. Maka dari itu saham IDX disebut aset likuid, karena mudah dan cepat terjual.

Sedangkan saham Crowdfunding, aktivitas jual beli saham pada waktu tertentu sesuai dengan peraturan dari OJK yaitu dua kali dalam satu tahun. Sebagai contoh, OJK memberikan pengumuman jika aktivitas jual beli saham hanya pada tanggal 2 Februari dan 17 Agustus, maka kita tidak bisa menjual saham selain tanggal tersebut.

Peluang Saham Crowdfunding

Saham Crowdfunding lebih fokus pada dividen jangka panjang, dividen adalah pembagian keuntungan bagi pemegang saham sesuai dengan saham yang dimiliki.  Di dalam crowdfunding juga ada keuntungan keuntungan modal atau Capital Gain, yaitu laba yang didapatkan dari investasi.

Dalam jual beli saham Crowdfunding, keuntungan Capital Gain bisa didapat pada Second Market atau Pasar Sekunder. Jika anda sudah membeli saham anda bisa menjual kembali dalam jangka waktu satu tahun berikutnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *